"Great Firewall", sistem sensor besar-besaran China terhadap aktivitas online

"Great Firewall", sistem sensor besar-besaran China terhadap aktivitas online.



Awal bulan ini, pemerintah negeri Tirai Bambu tersebut memperingatkan negara-negara lain untuk menghormati bagaimana kebijakan online terbesar di negara yang penduduknya terbesar di dunia tersebut.

 Bahkan, akibat kebijakan ini perusahaan multinasional seperti Google harus hengkang dari China. Karena ketatnya peraturan tersebut.

Menyangkut kekhawatiran atas rahasia negara, tentara dilarang beremain internet. Pemerintah China telah mengeluarkan peraturan yang melarang 2.300.000 tentara untuk membuat situs web atau menulis blog.



"Prajurit tidak bisa membuka blog di Internet tidak peduli apakah dia tidak dalam kapasitas seorang tentara atau tidak," kantor berita Xinhua mengutip Wan Long, seorang komisaris politik Tentara Pembebasan Rakyat.

"Internet adalah rumit dan kita harus waspada terhadap perangkap online," katanya, mengutip kekhawatiran tentang rahasia militer yang terbongkar.

Aturan baru yang tercantum dalam revisi Peraturan Administrasi Internal PLA dan mulai berlaku pada tanggal 15 Juni. Mereka melarang prajurit PLA, dari membuat situs web, atau blog.


(Ref: AFP.)



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 9:49:00 AM Kategori:

0 comments: