5 Aturan Kencan Buat Remaja (Warning Buat Para Orang Tua !!!)

Masa remaja penuh dengan pengalaman pertama, termasuk kencan pertama. Sebagai orangtua pasti Anda merasa takut dan khawatir ketika si kecil sudah memasuki usia remaja. Perhatian ekstra pun perlu Anda berikan. Untuk itu, penting bagi orangtua meletakkan aturan-aturan dasar berkencan untuk buah hati Anda.

Berikut lima aturan kencan bagi anak remaja yang bagus jika Anda terapkan:

Aturan 1: Kenali siapa pasangannya

Setiap remaja yang mulai berpacaran, wajib mengenalkannya pada orangtua. Anak remaja Anda mungkin akan mengeluh dan merasa tidak nyaman. Tapi ini penting, untuk melakukan sedikit diskusi terkait aturan jam malam berkencan untuk anak remaja Anda dan pasangannya.

Aturan 2: Pastikan tidak ada penggunaan obat atau alkohol

Larang mereka menggunakan obat-obatan terlarang atau alkohol saat kencan di luar dan di dalam rumah. Meskipun hal ini tampak seperti sebuah aturan yang kaku, tapi sangat penting untuk diingatkan.
Pastikan untuk mendiskusikan apa yang harus remaja Anda lakukan jika dia menemukan dirinya dalam situasi dimana orang lain mengajaknya mengonsumsi alkohol dan obat-obat terlarang. Dia perlu tahu bagaimana menjaga dirinya dalam situasi yang tidak aman. Pastikan anak Anda tahu bahwa Anda bersedia menjemputnya tanpa memandang waktu dan keadaan.

Aturan 3: Take it slow

Ketika remaja Anda menemukan seseorang yang benar-benar istimewa, coba beritahu padanya jangan terlalu agresif. Berikan nasehat padanya, jika berhubungan lewat telepon maupun SMS agar bisa dibatasi. Sebab remaja yang tengah kasmaran terkadang penuh emosi. Pastikan mereka tidak pergi hanya dengan pasangannya, usahakan ada orang lain atau teman yang ikut serta dengannya.

Aturan 4: Ajarkan untuk menyusun rencana

Remaja Anda harus memiliki rencana untuk kencan. Tidak memiliki rencana dapat mengakibatkan peluang untuk pengambilan keputusan yang buruk.

Aturan 5: Buat aturan batas waktu kencan malam

Mintalah remaja Anda untuk memberikan ide batasan jam malam yang harus dipatuhi. Hal ini dapat membantunya untuk menghormati aturan yang disepakati bersama. Ini bisa mengajarkan remaja Anda untuk lebih dewasa dan mandiri.


(Ref: vivanews)



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 9:30:00 AM Kategori:

0 komentar: