Tanpa Sadar Kita Keracunan Tiap Hari (WARNING !!!)

Awas…Kita Keracunan Tiap Hari


Karbon dioksida. Emisi ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil. Menurut struktur kimianya, bahan bakar yang juga disebut hidrokarbon terdiri dari rantai atom karbon dan hidrogen. Jika hidrokarbon ini dibakar dengan oksigen, maka akan menghasilkan karbondioksida dan uap air.Tetapi jika pembakarannya tidak sempurna maka akan dihasilkan juga karbonmonoksida yang sangat beracun.

Trus trnyata ya sumber utama penghasil emisi karbondioksida secara global ada 2 macam.
- Pertama, pembangkit listrik bertenaga batubara.
Pembangkit listrik ini membuangenergi 2 kali lipat dari energi yang dihasilkan.Semisal, energi yang digunakan 100 unit,sementara energi yang dihasilkan 35 unit. Maka,energi yang terbuang adalah 65 unit! Setiap 1000 megawatt yang dihasilkan dari pembangkit listrik bertenaga batubara akan mengemisikan 5,6 juta ton karbondioksida per tahun!, Gila…

- Kedua, pembakaran kendaraan bermotor.
Kendaraan yang mengonsumsi bahan bakar sebanyak 7,8 liter per 100 km dan menempuh jarak 16 ribu km, maka setiap tahunnya akan mengemisikan 3 ton karbondioksida ke udara!, Gak kbayang kan…

Sekarang bayangkan jika jumlah kendaraan bermotor di Semarang lebih dari 1 juta kendaraan! (Karena sy tinggal disemarang). Berapa ton karbondioksida yang masuk ke atmosfer per tahun di Kota Semarang?, itu lah udara yg kita hirup tiap hari… gila kan…(kita keracunan tiap hari tu…).

Memang sih para pemimpin dunia telah memikirkan hal itu, langkah pertama yang dilakukan adalah pembuatan Kerangka Konvensi untuk Perubahan Iklim (Framework Convention on Climate Change) tahun 1992 di Rio de Janeiro,Brazil, yang ditandatangani oleh 167 negara. Kemudian juga Protokol Kyoto. Tujuannya: mengharuskan negara-negara industri menurunkan emisinya secara kolektif sebesar 5,2 persen dari tingkat emisi tahun 1990.

Sayangnya, hanya sedikit negara industri yang memenuhi target…
Indonesia sendiri gimana yah, serius gak sm mslh hal ini…


Wahyu_Win (dari berbagai sumber.



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 7:11:00 AM Kategori:

0 komentar: