2 Gempa Beruntun Melanda Bantul - Jogjakarta



a. Bantul, Jogja Dilanda 2 kali gempa

Gempa Bumi cukup kuat terjadi di Bantul, Yogyakarta. Tidak hanya terjadi sekali melainkan dua kali.

Gempa pertama tercatat bekekuatan 5,0 skala richter (SR) sekira pukul 18.41 WIB. Adapun gempa kedua terjadi sekira 10 menit setelah gempa pertama.

Pantauan di lapangan, Sabtu (21/8/2010), setelah gempa pertama, warga Bantul dan sekitarnya masih tetap bertahan di luar rumah, untuk mengantisipasi gempa susulan.

Aksi mereka tidak sia-sia lantaran tidak berapa lama setelah gempa pertama, ada gempa susulan. “Getarannya tidak kuat, tapi cukup terasa,” ujar Zulkifli, warga Imogiri.

Belum ada laporan adanya korban jiwa maupun luka akibat gempa. Warga Bantul dan sekitarnya pun tetap beraktivitas seperti biasa setelah dilanda gempa.

Bagi warga muslim, kegiatan salat tarawih tetap digelar, hanya saja waktunya agak mundur. Salat tarawih yang biasanya digelar sekira pukul 19.10 WIB mundur menjadi sekira pukul 19.30 WIB.

BMKG menyebutkan lokasi gempa pertama berada pada kedalaman 10 km di 15 kilometer bagian tenggara Kabupaten Bantul. Koordinat berada di 8.03 Lintang Selatan dan 110.39 Bujur Timur.


b. 10 Rumah di Yogyakarta Rusak Akibat Gempa

Dua gempa yang mengguncang kawasan Yogyakarta pada malam ini mengakibatkan sedikitnya 10 rumah mengalami rusak ringan.

Genteng-genteng rumah di kawasan Imogiri, Bantul, Yogyakarta, tampak melorot dari posisi semula. Namun belum ada laporan korban luka maupun jiwa akibat gempa. “Banyak rumah yang rusak atapnya,” ujar Zulkifli, warga setempat, Sabtu (21/8/2010).

Kendati hanya berkekuatan 5,0 skala richter, namun gempa menghasilkan guncangan cukup kuat lantaran titik pusat gempa di darat dengan kedalaman hanya 10 kilometer.

Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis M Taufik menyatakan gempa pertama membuat panik warga setempat. Namun setelah terjadi gempa kedua, masyarakat sudah mulai tenang dan kembali beraktivitas seperti biasa.

“Kondisi laut normal, tak ada gelombang pasang, karena gempa berpusat di darat. Untuk kawasan pantai aman terkendali,” tandasnya.


Ref: news.okezone.com



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 12:15:00 AM Kategori:

0 comments: