7 Tips Menjadi Pembicara Ulung

Bagi beberapa orang suka atau tidak suka terkadang karena pekerjaan atau jabatan membuat mereka harus berbicara di depan orang. Bagi seorang yang memiliki kedudukan tinggi kemampuan berbicara di depan publik menjadi hal yang penting untuk menunjukkan wibawanya sebagai orang yang memimpin. Bagi pekerja profesional yang bekerja dalam bidang penjualan, kehumasan (public relation), dan pekerjaan yang memang membutuhkan keahlian berbicara di depan umum mau tidak mau kemampuan berbicara di depan orang harus dimiliki.

Kabar baiknya bagi Anda yang ingin meguasai kemampuan berbicara di depan umum, keahlian ini bisa dipelajari dan dilatih layaknya keahlian yang lain.

Mungkin di dalam hati Anda mengeluh, “Saya kan tidak memiliki bakat untuk itu.” Tapi percayalah meskipun Anda berbakat tapi kalau Anda tidak berlatih bakat akan menjadi sesuatu hal yang sia-sia, namun bagi siapa saja yang mau untuk terus berlatih jalan untuk menjadi seorang yang mampu berbicara di depan publik akan terbuka.



Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk menjagi pembicara hebat:

1. Selalu berkomitmen untuk mau belajar

– Lihatlah diri Anda atau tanyakan kepada keluarga, kerabat, atau bahkan orang yang baru Anda kenal pada tingkat manakah kemampuan yang telah Anda miliki untuk berbicara di depan banyak orang. Bagi Anda yang merasa masih seorang pemula komitmen untuk mau terus belajar adalah hal yang wajib Anda miliki karena memang ada banyak hal yang betul-betul harus Anda pelajari.

Sedangkan bagi Anda yang sudah pada tahapan lanjut atau mungkin seorang yang sudah terbiasa berbicara di depan banyak orang komitment untuk mau belajar harus terus Anda jaga untuk menjaga rasa rendah hati yang akan menjaga pintu pikiran Anda untuk mau menerima kritik dan hal-hal baru.

2. Sepenuhnya menjadi diri sendiri

– Rasa percaya diri akan muncul dan selalu hadir dalam diri Anda jika Anda mampu dengan sepenuhnya menjadi diri Anda sendiri. Jika Anda memang seseorang yang suka bercanda tidak ada salahnya untuk memasukkan joke yang menarik dalam pembicaraan Anda, tapi jika Anda memang tidak nyaman dengan tipikal yang suka bercanda jangan paksakan diri Anda untuk menjadi pelawak di atas panggung.

Tampilkan kepribadian yang memang membuat Anda nyaman baik itu menjadi seorang yang penuh humor, seorang yang serius, seorang yang hangat, bahkan seorang yang penuh ungkapan-ungkapan kontrovesial pun tidak jadi masalah selama Anda menjadi diri Anda sendiri.

3. Siapkan Formulanya

– Ketika Anda berbicara di depan banyak orang tentunya ada maksud yang ingin anda sampaikan. Ada pesan yang harus Anda komunikasikan di depan publik sehingga alur pembicaraan Anda harus diatur sebaik mungkin agar pesan yang Anda komunikasikan dapat diterima dengan baik oleh banyak orang.

Buatlah rencana arah pembicaraan Anda. Berikut ini adalah contoh yang umum digunakan:

• Penjelasan tentang isu-isu atau permasalahan yang ada.
• Konsekuensinya kalau kita tidak mengatasi masalah tersebut.
• Penjelasan dari beberapa solusi yang bisa diambil.
• Ajakan untuk mengambil tindakan.

4. Gunakan alat bantu visual

– Jika memang diperlukan dan memungkinkan gunakan sebaik mungkin alat bantu untuk memvisualisasikan ide-ide pembicaraan Anda. Video di bawah ini akan memberikan contoh tentang penggunaan alat bantuvisual yang efektif dan tambahan beberapa tips menjadi pembicara hebat:

5. Tidak hanya keras, suara Anda harus jelas

– Pastikan setiap kata yang keluar dari Anda diterima dengan benar oleh pendengar. Meskipun Anda harus bersuara dengan lantang namun Anda bukan sedang marah-marah di sini melainkan harus mengkomunikasikan ide-ide yang harus Anda sampaikan. Suara yang keras dan jelas akan menguntungkan Anda dan juga pendengar Anda.

Bagi Anda sebagai seorang pembicara suara yang keras dan jelas akan membantu Anda menarik dan menjaga perhatian orang yang hadir (setidaknya membuat mereka tidak mudah mengantuk), dan juga membantu Anda untuk terhindar dari salah tangkap maksud dari kata-kata yang Anda ucapkan. Sedangkan bagi orang yang menyimak percakapan Anda, suara yang keras dan jelas mempermudah mereka untuk berkonsentrasi menangkap ide-ide yang Anda sampaikan.

6. Bersemangatlah!

– Rasa semangat itu menular, maka tularkanlah pada orang yang sedang mendengarkan Anda agar mereka terus bersemangat mendengarkan ide-ide yang Anda sampaikan.. Buatlah diri Anda memiliki hasrat yang dalam untuk menyampaikan ide-ide yang ingin Anda bicarakan. Semangat yang Anda miliki mampu meningkatkan rasa percaya diri di depan banyak orang. Jika materi yang harus Anda bawakan kurang menarik minat Anda sendiri, berusahalah mencari cara untuk mengubahnya agar cocok dengan gaya Anda.

7. Buat cerita Anda hidup

– Bagi kebanyakan orang dalam memproses informasi akan lebih nikmat dicerna jika disampaikan dalam bentuk sebuah cerita yang hidup. Dengan sebuah cerita dengan mudah pendengar Anda untuk membayangkan ide-ide yang Anda komunikasikan ke dalam pikiran mereka. Terlebih lagi jika cerita yang Anda ungkapkan adalah cerita dari pengalaman pribadi Anda sendiri, ini akan membuat mereka lebih mempercayai apa yang Anda ucapkan.

Itu tadi 7 tips menjadi pembicara hebat yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keahlian Anda berbicara di depan umum. Latihlah 7 hal tersebut dan praktekanlah. Semakin banyak Anda berlatih dan melakukannya semakin mudah bagi Anda untuk berbicara di depan banyak orang.


(Ref: kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com)



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 11:37:00 PM Kategori:

0 komentar: