Memantau Pusat Gempa Via Internet

Memantau Pusat Gempa Via Internet !

Gempa bumi mengguncang kawasan padang, Sumatera Barat kemarin sore. Dengan kekuatan goyang 7,6 pada skala Richter itu telah banyak menelan korban dan meruntuhkan ratusan gedung, mungkin ribuan terhampar disana ratusan korban meninggal dan sisa nya luka luka.

Mendengar hal itu a jadi bpikir, bgaimana seandainya kita dapat memantau gempa sambil asik main Facebook. dan setelah bberapa kali browsing a dapatkan info menarik dari situs resmi Mozilla Firefox, mereka telah mengembangkan sebuah tools yg dapat digunakan untuk memantau Gempa Bumi dari seluruh dunia secara online. Pengguna internet tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui di mana gempa sedang terjadi. Cukup memanfaatkan sebuah add on gratis untuk browser Mozilla Firefox.

Add on firefox bernama eQuake Alert memungkinkan para pengguna Mozilla Firefox untuk mengetahui di mana gempa sedang terjadi. Kerennya pemantau gempa online eQuake Alert tidak hanya untuk wilayah Indonesia, eQuake juga memantau aktivitas gempa di seluruh dunia.

Add on firefox pemantau gempa eQuake alert akan menginformasikan kepada kita jika sedang terjadi gempa, lengkap dari tanggal kejadian, lokasi maupun besarnya skala Richter gempa tersebut. Uniknya lagi, jendela browser akan bergoyang seketika saat gempa baru saja terjadi.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah, layaknya add on firefox lainnya pengguna hanya perlu mengunduhnya melalui situs resmi Mozilla. Setelah diunduh, restart browser untuk mengaktifkan add on tersebut.



Baru aja a install di komputerku dan langsung bekerja, terbukti dengan terdeteksinya gempa bumi 4,7 skala Richter di Guatemala.

Berikut ini a tuliskan cara install add ons tersebut:

- Jalankan mozilla firefox (misal sambil buka facebook)
- Klik pilihan menu "Tool - Add Ons" (di bagian atas, didekat menu Help)
- Akan muncul kotak, pastikan km ada pd kolom Add-Ons, kemudian tuliskan "eQuake alert" pada kotak Search/Pencarian, trus ENTER.
- Setelah proses pencarian Add-Ons selesai, Klik Install Add-Ons.
- Setelah itu restart Firefox.
- Jadi deh...
(lihat dipojok kanan bawah akan muncul tulisan petunjuk Lokasi gempa bumi terakhir dari seluruh dunia)



- Oya, kamu bisa juga atur waktu, intnsitas gempa, dll.
(klik kanan pd tulisan penunjuk lokasi gempa tersebut, dan atur sndiri terserah kamu).

Selamat mencoba.

Wahyu_Win_On_Winipedia



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 6:26:00 AM Kategori:

0 komentar: