Tempat-Tempat Wisata di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah

Pesona Wisata Kebumen

Artikel kali ini saya ingin menunjukkan beberapa tempat wisata di Kabupaten Kebumen. 
Kenapa saya tiba-tiba memposting hal ini? 
Hal ini sebenarnya lebih karena keinginan pribadi saya sebagai warga Kabupaten Kebumen untuk ikut mempromosikan tempat-tempat wisata di kabupaten Kebumen. Semoga dengan tulisan ini pariwisata di Kabupaten Kebumen dapat makin maju dan meningkatkan jumlah wisatawannya.


Goa Jatijajar
Terletak di desa Jatijajar Kecamatan Ayah, 42 km dari Kebumen ke barat atau sekitar 23 km  kea rah selatan dari Gombong. Di dalam goa jatijajar terdapat sungai bawah tanah yang masih yang terlihat pada beberapa sendang yang terletak sekitar 5m di bawah lorong utama. Empat sendang tersebut yaitu sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Jombor, dan Sendang Puser Bumi. Menurut kepercayaan bila membasuh muka di Sendang Mawar akan awet muda dan bila membasuh muka di Sendang Kantil akan meningkatkan deratatnya.


Goa Petruk
Terletak 7 km selatan Goa Jatijajar. Di dalam goa terdapat stalaktit dan stalakmit yang bentuknya menyerupai payudara, tugu pancuran, buaya putih, semar, otak, srigala, gajah dan lain-lain. 
Menyusuri Gua Petruk dibagi dua jalur yaitu jalur pendek 125 m dan jalur panjang 664 m. Oleh pengelola disediakan sepatu boot, helm goad an headlamp. Disamping kegiatan menyusuri goa juga dapat untuk tracking, panjat tebing dan juga tersedia homestay.

Pantai Logending
Terletak 4 km dari arah selatan Goa Petruk. Terdapat hutan wisata, dermaga dan wisata perahu serta dapat menikmati seafood di warung-warung atau berbelanja ikan segar di TPI. Pantai logending biasa disebut juga dengan Pantai Ayah.



Pantai Menganti
Pantai menganti merupakan pantai pasir putih di wilayah Kebumen. Terletak diantara pantai Logending dan pantai Karangbolong. Pengunjung bisa menikmati halusnya pasir putih dan indahnya pemandangan alam disana. Pantai ini memang tergolong masih sepi, karena untuk menuju tempat ini perlu ekstra hati-hati. Melewati jalanan yang naik-turun. Tapi ketika bisa menikmati birunya laut dari atas bukit, semua lelah pasti akan terbayar. Di pantai ini juga terdapat TPI, jadi pengunjung bisa membeli ikan segar langsung ketika nelayan-nelayan baru saja datang.

Pantai Karangbolong
Pantai ini terkenal dengan sarang burung lawetnya. Terletak 18 km selatan Gombong. Pengunduhan sarang burung lawet dilakukan sebanyak empat kali dalam setaun, yaitu masa karo, kapat, kapitu, dan kasongo. Sebelum pengunduhan dilakukan, didahului dengan upacara selamatan dan menampilkan kesenian daerah.



Pantai Suwuk
Pantai Suwuk menjadi satu kawasan dengan Pantai Karangbolong. Objek dan Tanah Wisata juga meliputi Panorama Alam Pegunungan Kars, deburan ombak pantai selatan, sungai dan yang lebih menarik lagi adalah ada kebun binatang mini, fasilitas taman parker yang luas dan tempat selter yang indah.

Pantai Petanahan
Dataran pantai dengan gumuk pasir yang sangat khas ini terletak 17 km arah selatan kota Kebumen. Terdapat fasilitas pendukung seperti taman bermain, sanitasi, warung makan serta panggung hiburan. Di kawasan ini sering digunakan untuk penyelenggaraan event lomba laying-layang. Pada syawalan hari ke 1 s/d 7 sangat ramai karena tradisi masyarakat Kebumen untuk berkunjung ke pantai ini.


Waduk Sempor
Terletak 5 km utara Gombong, di desa Sempor kecamatan Sempor. Selain untuk mengairi sawah pertanian juga dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga, rekreasi, memancing dan wisata perahu.




Benteng Van Der Wijck
Terletak di Gombong, dibangun untuk pertahanan Belanda. Fasilitas hotel, restoran, ruang pertemuan, kolam renang, kereta mini, panggung hiburan dan taman bermain anak-anak.


Pemandian Air Panas Krakal
Terletak di desa Krakal Kecamatan Alian, 11 km timur laut kota Kebumen. Pengunjung dapat menikmati air hangat untuk rileks dengan berendam. Pemandian ini juga bermanfaat untuk kesehatan badan dan kulit.



Geowisata Karangsambung
Terletak di Karangsambung, 19 km di utara kota Kebumen. Daerah Karangsambung dan sekitarya merupakan tempat terhimppunnya beraneka ragam batuan yang muncul dari perut bumi. Batuan tersebut terbentuk akibat tabrakan lempeng Samudera Hindia dengan lempeng Benua Asia pada puluhan juta tahun yang lalu.

Waduk Wadaslintang
Terletak 35 km kea rah timur laut kota kebumen. Pengunjung dapat meikmati pemandangan indah sambil memancing dan naik perahu.





Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen



*****
Please visits:
iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia
and
Mari Berkomunitas Di Faceblog
also
Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood
then
Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah
thx yu...



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 12:48:00 AM Kategori:

0 comments: