Tipe Orang Berdasarkan Bentuk Fisik dan Karakternya

Tipe Orang Berdasarkan Bentuk Fisik dan Karakternya

“Kenalilah dirimu sendiri“ kata Socrates, seorang filosof Yunani Kuno. Manusia itu makhluk yang memiliki perbedaan satu sama lain. Bahwa kepribadian manusia itu sangat bermacam-macam sekali, mungkin sama banyaknya dengan banyaknya orang, segolongan ahli berusaha menggolong-golongkan manusia ke dalam type-type tertentu. Karena mereka berpendapat bahwa cara itulah paling efektif untuk mengenal sesama manusia dengan baik “Tak kenal maka tak sayang.” Itulah kalimat yang sering kita dengar, maka dalam usaha mengenal diri sendiri maupun orang lain, tulisan berikut bisa dijadikan pedoman. Namun sebelum itu saya juga punya artikel  "Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah dan Radio Streaming Murah lalu Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World dan Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia serta Amikom.us Tempat Belanja Hosting Murah dan juga Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah" siapa tau anda tertarik membacanya.


Ok, kembali lagi ke  Tipe Orang Berdasarkan Bentuk Fisik dan Karakternya. Menurut dr. KRETSCHMER manusia dibedakan berdasarkan jasmani dan temperamen-nya.

TIPE KURUS (LEPTOSOM)
Orang yang bertype leptosom ukuran-ukuran menegaknya lebih dari keadaan biasa, sehingga orangnya kelihatan tinggi jangkung.

Ciri - ciri khas type ini ialah: badan langsing/kurus, jangkung, perut kecil, bahu sempit, lengan dan kaki lurus, tengkorak agak kecil, tulang-tulang di bagian muka kelihatan jelas, buka bulat telur, berat relatif kurang.

Sifat-sifat khas type ini ialah: Sifat : suka murung dan kurang terbuka

TYPE PIKNIS
Ciri - ciri khas type ini ialah : Tanda kepala agak menunduk, bahu ,muka agak pucat, Badan agak pendek, Dada membulat, perut besar, bahu tidak lebar, Leher pendek dan kuat, Lengan dan kaki lemah, Kepala agak “merosot” ke muka diantara keuda bahu, sehingga bagian atas, dari tulang punggung kelihatan sedikit melengkung, Banyak lemak, sehingga urat-urat dan tulang-tulang tak kelihatan nyata, Type ini memperoleh bentuknya yang nyata setelah orang berumur 40 tahun.

Sifat-sifat khas type ini ialah : Sifat suka curiga pada orang lain, tidak lekas percaya pada orang lain.

TIPE ATLETIS
Pada orang yang bertype atletis ukuran-ukuran tubuh yang menegak dan mendatar dalam perbandingan yang seimbang, sehingga tubuh kelihatan selaras; type mini dapat dipandang sebagai sintesis dari type piknis dan type leptoson.

Ciri - ciri khas type ini ialah: Tanda dada lebar, kaki kuat, muka terbuka, tulang-tulang serta otot dan kulit kuat, badan kokoh dan tegap, tinggi cukupan, bahu lebar dan kuat, perut kuat, panggul dan kaki kuat, dalam perbandingan dengan bahu dan kelihatan agak kecil, tengkorak cukup besar dan kuat, kepala dan leher tegak, muka bulat telur, lebih pendek dari type lepsotom.

Sifat-sifat khas type ini ialah: Sifat orang nya sabar, terbuka, cerdik.

TIPE BULAT (CYCLOID)
Tanda dada lebar, kaki kuat, muka terbuka. Sifat khas tipe ini adalah:
Sifat : biasanya kurang di siplin dan kurang teratur hidupnya
Solusi : harus siap dengan paraphrasing agar informasi sistemis dan terarah

TIPE GEMUK
Tanda badan gemuk, gerak lamban, kurang lincah, muka bulat, hidung pesek besar, mulut lebar, bibir tebal, sehingga keseluruhannya bulat seperti bola

Sifat khas tipe ini: ramah, humoris, senang bicara dan tertawa

TIPE DISPLATIS
Tipe ini merupakan penyimpangan dari ketiga type yang telah dikemukakan itu, tidak dapat dimasukan ke dalam salah satu diantara ketiga type itu, karena tidak memiliki ciri-ciri yang khas menurut type-type tersebut. Bermacam-macam bagian yang seolah-olah bertentangan satu sama lain ada bersama-sama. Kretschmer sendiri menganggap type displastis ini menyimpang dari konstitusi normal.



Semoga artikel Tipe Orang Berdasarkan Bentuk Fisik dan Karakternya ini dapat bermanfaat.



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 3:37:00 PM Kategori:

0 comments: