BINATANG-BINATANG BERUKURAN RAKSASA DIDUNIA

A. Ikan Lele Raksasa Sepanjang Tiga Meter



Ikan lele raksasa berukuran lebih dari 3 meter yang tergolong spesies langka masih ditemukan di Sungai Mekong Cina. Pihak World Wide Fund (WWF) mengkhawatirkan spesies langka tersebut dikhawatirkan punah bila banyak negara membangun pembangkit tenaga air di sungai tersebut.

Ikan lele raksasa, sebagai ikan air tawar terbesar ke-3 di dunia, semula bermigrasi dari Kamboja untuk berkembang biak di Thailand utara dan Laos.

WWF mengatakan, sejumlah spesies ikan terancam punah, termasuk ikan lele besar yang dapat mencapai panjang 3 meter karena ikan-ikan akan terbatas pembiakannya di sungai Mekong. Sungai itu melintasi daratan China, Laos, Thailand dan Kamboja dan sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara.

Saat ini, Cina telah membangun bendungan untuk pembangkit tenaga di hulu Sungai Mekong, sementara Laos, Thailand dan Kamboja juga merencanakan pembangunan pembangkit di sungai itu untuk memenuhi kebutuhan listrik.

WWF mengatakan rencana membangun bendungan untuk pembangkit tenaga air di propinsi Sayabouly di Laos utara, salah satu dari 11 bendungan yang direncanakan di hilir Sungai Mekong mengancam populasi spesies ikan air tawar yang telah turun 90 persen dalam jangka waktu 20 tahun.Kelompok lingkungan itu juga khawatir pembangunan bendungan akan mengubah ekosistem dan mempengaruhi sektor perikananyang menghidupi lebih dari 60 juta jiwa di kawasan.

WWF memperingatkan paling tidak 50 spesies ikan yang bermigrasi di Mekong sangat rentan terhadap dampak pembangunan bendungan di hulu sungai.

Roger Mollot, pakar biologi ikan air tawar untuk WWF di Laos mengatakan ikan lele raksassa itu tidak akan dapat berenang melampaui rintangan besar seperti bendungan untuk mencapai tempat mereka bertelur di hulu. “Hal ini akan mengakibatkan rusaknya populasi spesies khusus ini,” kata Roger dirilis BBC.


B. Anaconda Terbesar di Dunia Ditemukan di Amazon !

Setelah 23 tahun melakukan penelitian terhadap kebudayaan kuno yang berumur 3000 tahun di tiga benua dengan menggunakan bantuan citra satelit, seorang ayah dan anak melakukan perjalanan luar biasa jauh ke dalam belantara hutan Amazon untuk mengkonfirmasi teori mereka bahwa ada Anaconda Raksasa yang jauh lebih besar dari yang pernah dikenal hidup di hutan ini. Mereka menemukannya, bahkan memotretnya.



Mike Warner (73) dan anaknya Greg (44) menemukan seekor ular yang disebut memiliki panjang 40 meter dengan diameter badan 2 meter. Ular ini telah mengkerdilkan seluruh ular raksasa yang pernah dikenal selama ini.

Warna tubuh anaconda ini bukan hijau melainkan coklat gelap dan dikenal oleh penduduk lokal dengan sebutan "Boa Hitam" atau "Yacumama". "Yacumama diterjemahkan sebagai "Ibu Perairan", lewiatan-nya hutan belantara, dan keberadaan ular ini telah dikonfirmasikan oleh sejarah dan kebudayaan masyarakatAmazon.

Mike, yang buta sebelah telah menghabiskan 23 tahun meneliti keberadaan makhluk ini, namun baru 6 bulan yang lalu ia mendapat semangat tambahan ketika anaknya menemukan dokumen-dokumen penelitiannya dan memutuskan untuk bergabung dengan penelitian luar biasa ini. Mike yang telah menabung seumur hidupnya untuk ekspedisi ini segera pergi keAmazon bersama Greg dalam sebuah tim kecil.

Penduduk lokal yang diwawancarai mengatakan bahwa apabila ular itu berenang, air sungai akan berguncang hebat dan ular itu dapat menerkam seekor monyet yang sedang berada di pohon secepat kilat. Mereka kemudian mengambil lebih dari 700 foto dan 5 jam rekaman video. Setelah itu mereka melakukan perjalanan pulang untuk meneliti foto-foto tersebut.

"Data yang kami kumpulkan sangat luar biasa. Kami menemukan banyak jalur-jalur yang tercipta ketika ular ini bergerak. Kami melihat pohon-pohon setinggi 90 kaki rubuh akibat dilewati ular ini. Dan yang terpenting, kami berhasil mengambil foto salah satu makhluk ini ketika ia sedang bergerak di air." Kata Greg.

Tim mereka menghabiskan 12 hari di hutan belantara pada Maret 2009 dan mengumumkan penemuan mereka pada 2 Mei 2009.

Laporan mengenai adanya ular raksasa anaconda dapat dilacak kebelakang hingga tahun 1906 ketika kolonel Percy Fawcett yang diutus Royal Geographical Society untuk membuat peta hutan Amazon menemukan jejak anakonda selebar 6 kaki, atau sekitar 1,8 meter. Dan menurut Greg, catatan kolonel Fawcett telah membantu ia menemukan ular raksasa itu.

Greg mengatakan,"Pahlawan sesungguhnya adalah ayahku. Ia menghabiskan 23 tahun untuk meneliti keberadaan ular ini dan bertekad untuk berhasil ketika orang lain telah putus asa."

Sekarang mereka telah membagi hasil penemuan mereka kepada Pemerintah Peru, National Geographic Society di Washington dan Queens University di Belfast. Dan mereka berencana untuk kembali lagi ke hutan itu untuk menemukan anakonda raksasa lainnya, kali ini dengan kru televisi.


C. Buaya Sebesar Truk Ditemukan Suku Aborigin

It took two Land Cruisers to drag this giant crocodile from a waterhole after it was killed for eating cattle on a remote Aboriginal community in the Northern Territory.



A MONSTER 6.5m crocodile had to be killed by locals in a remote Northern Territory Aborigine community because it was killing their cattle.

Jeida Francis, 23, said the croc was caught in Manangoora, an outstation 56km east of Borroloola.

"It was massive. There were three huge ones out there. One of them is still out there at the moment.

Wow... that's a BIG croc

"It is pretty well fed," he said of the dead saltie.

"It took two LandCruisers to pull it out. They have one croc that is still out there. He should be getting to this size by now."

Get out of that water!

Mr Francis said he spent his childhood growing up with the predators.

"We used to get dugong bones to feed them, to keep them from feeding on our goats ... this one was getting too nasty and too close. It was attacking our cattle."


D. Kelabang Terbesar

Scolopendra galapagoensis (lipan raksasa Galapagos) yang terbesar adalah 30-40cm panjang 44-46cm.



Habibat penyebaran : di Kepulauan Galapagos Island Santa Cruz, di daerah pesisir Ekuador, Peru selatan, di Kepulauan Cook. Warna hitam raksasa lintibang di Raja. Terdapat juga penemuan jenis ini yang berukuran 62cm.


E. Anjing Terbesar di Dunia ( 245kgs )

George memang tidak seperti anjing kebanyakan. Berdiri di dengan tinggi hampir 43 inci dari kaki hingga ke bahu. Berat badannya mencapai 245 kg. Apakah ia bisa menjadi anjing tertinggi di dunia?



Foto ini di ambil di sebuah kawasan yang terletak di taman Tucson, Arizona. Empat tahun sudah George dirawat David Nasser. Jika melihat foto ini George memang tampak lebih besar di bandingkan Dane. Bahkan Dane lebih pantas disebut sedang berpose dengan seekor kuda di bandingkan dengan seekor anjing.

George adalah seekor raksasa yang lembut. Jika diukur secara utuh mulai dari hidung ke ekor ia memiliki tinggi 7 kaki 3 inci. Jika saat ini ukuranGeorge demikian, maka ia berpeluang untuk menyabet gelar sebagai anjing tertinggi di dunia.

George akan menyingkirkan pesaing utamanya, Gibson yang saat ini menjadi anjing tertinggi di dunia. Gibson adalah seekor anjing sulap, ia mati agustus lalu karena terkena kanker.

Sekarang pemilik George, David dan Christine Nasser, sedang menunggu konfirmasi dari Guinness World Records untuk melihat apakah ia telah mencapai tinggi
yang di harapkan.

"Dia 42,625 inci pada bahu," kata David.

"Dia sangat sangat unik." lanjut David

Menurut David, George mengkonsumsi makanan 110 kg setiap bulan. Ia tidur sendirian di sebuah kasur berukuran Queen Size.

David dan Christine mengangkat George dari ketika ia berumur 7 minggu, tetapi tidak pernah mengharapkan ia tumbuh begitu besar.

Akhirnya pasangan harus memindahkan anjing mereka dari tempat tidur dan membelikanya tempat tidur baru. Awalnya mereka bertiga berbagi tempat tidur bersama. Namun kali ini tidak bisa lagi, karena ukuran badanGeorge yang semakin besar.

Dr William Wallace dari Buena Pet Clinic di Tucson, yang menyaksikan dokumentasi yang diperlukan untuk catatan Guinness, berkata: "Dalam 45 tahun pengalaman bekerja dengan anjing keturunan raksasa, tanpa pertanyaan,George adalah anjing tertinggi yang pernah saya lihat. '

David saat ini bergegas untuk mendapatkan dokumen yang diperlukan ke dalam Guinness sebagai pemilik anjing terbesar.

Sementara mereka menunggu hasil yang akan datang di lengkapi. David memasang foto George di situs jejaring facebook dan twitter. Ia membuat sebuah account baru bernama "George" dengan sebutan telah ditemukan bintang baru.


F. Tikus Raksasa Terbesar Seukuran Anjing

Arkeolog Australia menemukan sisa-sisa tikus raksasa kuno seukuran anjing kecil di sebuah gua terpencil Timor Leste. Ken Aplin dari badan ilmu pengetahuan pemerintah (CSIRO) mengatakan, tikus ini memiliki berat hingga enam kilogram, hampir sebesar anjing Jack Russell dewasa.



Sisa-sisa tikus super ini memiliki ukuran terbesar spesies hidup dari 13 jenis hewan pengerat yang ditemukan selama penelitian di Timor Leste. Aplin memperkirakan tikus tersebut hidup di wilayah itu 1.000 hingga 2.000 tahun yang lalu, dan kemungkinan besar punah karena praktik pertanian dan pembersihan habitat.

"Pembukaan hutan secara besar-besaran untuk pertanian mungkin menyebabkan kepunahan, dan ini hanya mungkin terjadi setelah manusia mengenal alat logam," kata Aplin.

Hewan pengerat ini, menurut Aplin, adalah hewan yang rentan punah karena biasanya tidak disukai manusia. "Padahal hewan pengerat membuat 40 persen keanekaragaman mamalia di seluruh dunia dan merupakan elemen kunci dari ekosistem, penting untuk proses pemeliharaan tanah, dan penyebaran bibit," katanya.

Tikus-tikus hidup terbesar dengan berat sekitar dua kilogram masih terdapat di hutan di Filipina dan Papua Nugini. Aplin optimistis bahwa setidaknya satu spesies tikus yang belum ditemukan mungkin masih hidup di Timor Timur, yang sebagian besar berbukit dan tidak dapat diakses.


(Ref: Dari berbagai sumber)



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 2:52:00 AM Kategori:

0 komentar: