Houdini, Pesulap Paling Terkenal Diabad ke-19

a. Harry Houdini (1874-1942)



Harry Houdini adalah pesulap yg paling terkenal, bahkan sampai beberapa dekade setelah kematiannya.

Meskipun begitu ia pernah tak dikenal orang.sebelum mengubah namanya dari Erich Weiss menjadi Houdini,ia bermain dalam skala kecil-kebanyakan adalah permainan kartu,di tambah atraksi meloloskan diri yg biasa2 saja–di atas panggung yg berbayaran murah,pada museum kecil di negaranya.

Suatu hari dalam keadaan bangkrut dan depresi,houdini bahkan tidak punya cukup uang untuk membeli tiket kereta yg sangat ia perlukan.
Terinspirasi oleh keadaan yg terjepit,hodini mendapat ide yg sangat cemerlang.ia memborgol tanganya sendiri di rel kereta api,sambil berharap sang masinis akan memberhentikan kereta api,merasa kasihan kepadanya,dan membiarkannya naik secara gratis.

Namun bukan itu yg terjadi.

Para penumpang kereta yg kemudian membayari tiket Houdini justru merasa tak sabaran.

Rupanya selain bisa menumpang gratis Houdini memperoleh pelajaran yg berharga. Ia sadar bahwa pd saat tertentu sesuatu yg berbahaya bisa “menjual”.

Sejak itulah hodini menemukan permainan2 yg berbahaya dan terciptalah aliran sulap ESHAPETOLOGY.


b. Jean Eugene Robert Houdin (1805-1871)

Udah baca cerita tentang Houdini diatas tadi kan?
Nah, ia adalah pengagum Jean Eugene Robert Hodin ini.
Bahkan Houdini menggunakan nama Houdini sebagai nama panggung yang dia ambil dari nama Robert Houdin ini (mungkin agar ikutan tenar).



Banyak orang tahu bahwa pesulap Perancis Jean Eugene Robert Houdin (1805-1871) adalah bapak sulap modern.

Sebelum kemunculan Robert Houdin, Para pesulap biasanya tampil dalam kostum jubah sambil membacakan mantra-mantra religius-yg tidak benar-benar religius-sambil membawa peralatan sulap mereka.

Robert mengubah semua itu.Dengan mengenakan setelan untuk acara makan malam pada masa itu,houdin melakukan pertunjukan dengan peralatan yg tidak aneh2 dan menggunakan kalimat yg terdengar logis.

Houdin menerbangkan anaknya,dalam hitungan detik menunbuhkan buah jeruk di pohonnya,dan membangun sebuah automotor-patung mekanik yg dapat bergerak-yg mampu mengalahkan pemain-pemain catur terkenal di dunia.


(Ref: forum kaskus)



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 11:14:00 PM Kategori:

0 komentar: