Mengapa Dilarang Menggambar Nabi Muhammad SAW !

Muslim selalu menganggap menggambar nabi Muhammad adalah hal yang haram. Ada ribut-ribut mengenai adanya gerakan Hari Semua Orang Menggambar Muhammad yang dinilai sangat melecehkan dan membuat muslim marah.

Alasan mengapa menggambar nabi Muhammad haram, setelah saya cari-cari saya mendapat dalil-dalilnya antara lain pada hadist-hadist ini:

Dari Abu Hurairah Radiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : ALLAH Ta’ala berfirman : Dan siapakah yang lebih dzalim dari mereka yang akan membuat satu ciptaan seperti ciptaan-Ku, maka hendaknya mereka menciptakan satu dzarrah, atau biji, atau gandum.” (Dalam Shahihain, lafadz Riwayat Muslim).

Dari Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : “Sesungguhnya manusia yang paling keras disiksa di hari Kiamat adalah para tukang gambar (mereka yang meniru ciptaan Allah)". (Shahihain – yakni dalam dua kitab Shahih Bukhari dan Muslim atau biasa disebut muttafaqun ‘alaihi, red)

Dari Ibnu Umar Radiyallahu ‘anhu berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : "Sesungguhnya orang yang membuat gambar-gambar ini akan disiksa hari kiamat, dan dikatakan kepada mereka, 'Hidupkanlah apa yang telah kalian buat!’”. (Dalam Shahihain, lafadz Bukhari).

Dari Abu Juhaifah Radiyallahu ‘anhu : “Bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam telah melarang dari (memakan) hasil (jual beli) darah, anjing, usaha pelacuran, dan (beliau) telah melaknat pemakan riba, yang menyerahkannya, pembuat tato (gambar tubuh), yang meminta ditato serta tukang gambar.” (HR Bukhari).

Dari Ibnu Abbas Radiyallahu ‘anhu : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda : “Siapa yang membuat satu gambar di dunia, dia dibebani (disuruh) untuk meniupkan ruh pada gambar itu dan ia bukan peniupnya (tidak akan mampu meniup ruh untuk menghidupkan gambar tsb, red)”. (Muttafaqun ‘alaihi).

(Ref: http://www.salafy.or.id/print.php?id_artikel=325)


Tetapi tahukah anda bahwa menggambar nabi itu tidak selamanya haram? Ada masa-masa dimana umat ketika itu masih boleh menggambar nabinya.
Silakan cek web ini: http://zombietime.com/mohammed_image_archive/islamic_mo_full/

Dari banyak contoh-contoh gambar di web itu dan saya tampilkan beberapa disini :

1. Gambar nabi sedang memberikan dakwahnya terdapat pada buku karya al Biruni, seorang ilmuwan Islam dari Persia yang meninggal sekitar abad ke 11. Dalam bukunya The Remaining Signs of Past Centuries memuat gambar nabi Muhammad ini.



Gambar ini koleksi di the Bibliotheque Nationale, Paris (Manuscrits Arabe 1489 fol. 5v)

2. Buku Rashid al-Din dalam bukunya Jami' al-Tawarikh (atau "Compendium of Chronicles")pada abad ke 14 memuat banyak gambar-gambar nabi, ini contohnya:



Sekarang buku ini menjadi koleksi Perpustakaan Universitas Edinburgh, Scotlandia.

3. Nabi Muhammad berjumpa dengan nabi Ismail, Ishak dan Luth di Surga. Dari buku Pewahyuan Muhammad, ditulis tahun 1436 di Herat, Afghanistan (sekarang ada di the Bibliotheque Nationale, Paris).



Dan masih banyak lagi yang bisa dilihat di web zombietime http://zombietime.com/mohammed_image_archive/islamic_mo_full)

***


(Ref: bahayamembaca.blogspot.com dan berbagai sumber lainnya)



Ditulis Oleh : Penilai Artikel Hari: 3:03:00 AM Kategori:

0 comments: